Kamis, 03 Mei 2012

"teMU akSI & prestaSI " PMR WIRA 2012


MOTTO "DENGAN SEMARAK MUSISI KITA TINGKATKAN PERSAUDRAAN DAN KETRAMPILAN WIRA SE EKS - KARISEDENAN MADIUN "




 

BUKU PEDOMAN KEGIATAN



T E M U   A K S I
 &
P R E S T A S I
I V
SE EKS-KARESIDENAN MADIUN


KSR PMI
UNIT STAIN PONOROGO
2012



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
       Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo merupakan salah satu Unit kegiatan khusus mahasiswa yang bergerak dibidang kemanusiaan dan dibentuk atas dasar kesukarelaan pribadi mahasiswa yang bergerak di bidang kepalangmerahan yang selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengembangan dan peningkatan kwalitas sumber daya anggota mempunyai peran penting bagi kehidupan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit STAIN Ponorogo untuk mewujudkan cita-citanya dalam pengabdian terhadap tugas-tugas kemanusiaan.
Sebagai organisasi yang mempunyai sasaran dan tujuan yang sudah jelas, segenap pengurus KSR-PMI Unit STAIN bermaksud melaksanakan “Kegiatan Temu Aksi dan Prestasi IV ( MUSISI IV )” PMR WIRA SE EKS-KARESIDENAN MADIUN  dengan tema”Dengan semarak musisi kita tingkatkan persaudaraan dan ketrampilan PMR WIRA Se-Karesidenan Madiun. Temu aksi dan prestasi merupakan sarana uji prestasi dalam pengembangn kepalangmerahan Indonesia.

B.     TUJUAN UMUM
      Meningkatkan karakter Kepalangmerahan serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai Pendidik Sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup.

C.    TUJUAN KHUSUS
A.    Berjumpa untuk saling berbagi dan meningkatkan SDM yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

B.     SASARAN
1.      Anggota PMR Wira




BAB II
PERANAN DAN FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA

A.    KEPANITIAAN
Terdiri dari panitia KSR PMI STAIN Ponorogo dan Panitia Dewan Juri (PMI Malang, KSR PMI)

B.     JURI
Terdiri dari
    1. Juri PMI Kabupaten Malang
    2. Juri Tenaga Ahli/KSR PMI PERTI

C.    FASILITATOR
Terdiri dari PMI dan tenaga ahli yang bertugas memandu klarifikasi materi kegiatan, sosialisasi informasi terbaru.

BAB III
PESERTA

  1. PESERTA MUSISI
    1. Anggota PMR (  berusia 15 – 17 tahun /SMA sederajat)
    2. Pembina Pendamping

  1. KOMPOSISI PESERTA
ANGGOTA TIM
TIM INTI                                            10 orang
PEMBINA PENDAMPING              1 orang_
JUMLAH                                            11 orang
Keterangan  :
    1. Tiap Sekolah mengirimkan 1 kontingen / (10 orang)
    2. Dalam 1 kontingen terdiri dari tim inti dan didampingi oleh Pembina pendamping
    3. Komposisi peserta putra dan putri tiap tim ditentukan masing masing  kontingen, tiap tiap jenis kegiatan mengutamakan peran yang seimbang antara laki – laki dan perempuan sesuai bakat dan minat.
    4. Syarat anggota PMR :
a..  PMR Wira :  berusia 15 – 17 tahun atau SMA sederajat
b.   Terdaftar dan aktif di PMR sekolah ( dibuktikan oleh fotocopy KTA   atau menunjukkan surat keterangan dari Sekolah bersangkutan )
    1. Syarat Pembina Pendamping :
a.       Pengurus/ Guru atau staf sekolah yang membidangi PMR, Pelatih PMR atau Pembina PMR
b.      Pembina Pendamping diperbolehkan merangkap sebagai Pimpinan kontingen
c.       Jabaran tugas secara umum adalah memimpin Tim kontingen dalam mengikuti musisi

  1. PENINJAU
Setiap kontingen dapat mengirimkan peninjau dengan ketentuan sebagai berikut :
a.       Terdiri dari Pengurus / guru Sekolah, Staf sekolah, Pembina PMR, atau Pelatih PMR
b.      Maksimal tiap kontingen 5 orang
c.       Peninjau dapat mengamati jalannya setiap kegiatan musisi dan sebagai nara sumber
d.      Akomodasi, konsumsi, transportasi, dan konsekuensi biaya lainya menjadi tanggungan pribadi atau kontingen.

  1. KETENTUAN UMUM
Ketentuan umum bagi Peserta, Peninjau
1.      Terdaftar dan aktif di PMR sekolah ( dibuktikan oleh foto copy KTA atau surat keterangan dari sekolah )
2.      Membawa surat tugas dari sekolah
3.      Membawa photo ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar
4.      Menunjukkan surat keterangan sehat dari Dokter
5.      Fasilitas Peserta :
a)      Sertifikat
b)      ID Card
c)      T-shirt
d)     Penerangan
e)      MCK
f)       Tempat parkir

BAB IV
PROSES MISISI

A.    SEBELUM MUSISI
1.      Persiapan di Sekolah
a.       Pemilihan calon peserta dan tim pendukung yang memenuhi syarat
b.      Mencakup :
1)      Pemahaman proses musisi
2)      Persamaan pemahaman, bertukar ide dan informasi, sesuai dengan kurikulum pelatihan PMR dan penerapan Tri bakti PMR.
3)      Motivasi, kerja sama, berfikir kreatif, komunikasi.
2.      Pendaftaran
a.       Pendaftaran tahap I :
Adalah pendaftaran keikutsertaan Sekolah
Paling lambat pada tanggal 05 mei 2012 / (kuota telah terpenuhi)
b.      Pendaftaran tahap II :
Setiap Sekolah menyampaikan daftar nama anggota PMR peserta, Pimpinan Kontingen, Pembina Pendamping mengisi formulir pendaftaran.
c.       Pendaftaran tahap III :
Di lokasi musisi, Pimpinan Kontingen mengurus seluruh persya-ratan administrasi peserta, ditempat pendaftaran ulang/Sekre-tariat panitia. Yang telah dinyatakan lulus seleksi

B.     SELAMA MUSISI
1.      Upacara Pembukaan, secara garis besar :
a.       Mars PMI dan PMR
b.      Pembacaan Pancasila, 7 Prinsip PM / BSM, dan Tri Bakti PMR
c.       Sambutan sambutan
d.      Pembukaan
e.       Hiburan
2.      Pelaksanaan Kegiatan
a.       musisi dilaksanakan sesuai alur, yang diuraikan menjadi kegiatan kegiatan, sebagaimana tercantum dalam BAB I dan II.
b.      Metode yang diterapkan beragam, yaitu diskusi, Tanya jawab, simulasi, bermain peran, presentasi, kunjungan lapangn.
c.       Kontingen akan dikelompokkan menjadi Kecamatan, kelurahan, RW, dan RT, dimana kegiatan pendukung di tiap tingkatan tersebut juga diikuti oleh seluruh peserta
3.      Upacara Penutupan, secara garis besar :
a.       Hiburan
b.      Mars PMI dan PMR
c.       Pembacaan Pancasila, 7 Prinsip, dan Tri Bakti PMR
d.      Sambutan-sambutan
e.       Pengumuman-pengumuman
f.       Penutup
g.      Penurunan bendea

C.    SETELAH MUSISI
1.      Mengevaluasi dampak pelaksanaan musisi terhadap PMR
2.      Menerapkan dalam kehidupan sehari
3.      Mensosialisasikan hasil musisi kepada pihak terkait
4.      Mengembangkan hasil musisi agar berdampak positif dan berjangka panjang



BAB V
KEGIATAN

A.    TAHAPAN PENENTUAN JENIS KEGIATAN
  1. Menetukan alur musisi :
a.       Alur pelaksanaan musisi diawali dengan proses evaluasi dan pelaksanaan kegiatan PMR, dengan metode lomba interaktif.
b.      Setelah mengikuti proses evaluasi, para peserta dipandu oleh fasilitator bersama sama mengadakan klarifikasi, edukasi, dan sosialisasi terhadap materi evaluasi. Dalam proses ini peserta dapat saling bertukar informasi dan ide yang bertujuan untuk mencapai persamaan persepsi. Selain itu juga diberikan penyegaran materi materi terkait PMR dalam bentuk pelatihan peltihan singkat.
c.       Dari hasil tersebut akan terkadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan, yang kemudian dapat diterapkan selama proses musisi dan dalam kehidupan sehari hari, baik untuk diri sendiri, teman sebaya, maupun masyarakat.
d.      Peserta juga melakukan kegiatan rekreasi dalam suasanan gembira dan bersahabat.
e.       Menggunakan pendekatan ketrampilan hidup dan metode partisipatif, semua peserta akan terlibat aktif dalam menggali potensi diri, maupun membantu teman temannya untuk berkembang.
           
  1. Meninjau kembali makna musisi, yaitu :
a.       teMU :
Peserta bertemu untuk saling berbagi pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan pengalaman, serta menjalin persahabatan.
b.      akSI :
Peserta meningkatkan dan mererapkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.
c.       prestaSI :
Kegiatan dilaksanakan bertujuan meningkatkan kualitas dalam suasana riang dan gembira.
  1. Menentukan jenis kegiatan, tujuan, proses, dan sasaran sesuai alur, kemudian kelompokkan sesuai makna musisi

B.     KEGIATAN MUSISI
PMR WIRA
KEGIATAN BERSAMA
Traveling Kepalangmerah
1.       PP
2.       PK
3.       Kesehatan Remaja
Pentas Seni
Desain Blog
Kontingen Faforit
Paduan Suara


1.      Olah raga
2.      Bakti Masyarakat
3.      Temu sobat
4.      Tukar hasil Karya
C.    PETUNJUK KEGIATAN MUSISI
1.      TEMU
a.      Ketemu Sahabat
1.      Tujuan
a)      Mempererat persahabatan
b)      Mempromosikan Sekolah
2.      Peserta
Seluruh Kontingen peserta musisi PMR se Eks-karisidenan madiun
3.      Proses Pelaksanaan
a)      Setiap kontingen mengadakan kunjungan persahabatan ke kontingen lain pada waktu yang telah ditentukan
b)      Setiap hari akan ditentukan 5 – 10 kontingen yang akan menjadi tuan rumah kunjungan persahabatan.
c)      Kontingen lain mengadakan kunjungan ke kontingen tersebut.
d)     Setiap kontingen menyiapkan buku tamu di tenda perkemahan.
e)      Setiap berkunjung ke kontingen lain, peserta membawa buku kunjungan persahabatan
f)       Buku tamu dan buku kunjungan dibuat oleh masing masing kontingen sesuai kreatifitasnya.
g)      Kontingen yang menjadi tuan rumah dapat menampilkan atraksi atau latihan singkat misalnya : tarian, cara memakai pakaian adat, cara memainkan alat musik, cara membuat makanan tradisional, dan sebagainya. Hal ini diharapkan terjadi proses pembelajaran antar sekolah.
h)      Pada setiap kunjungan, kontingen mencatat kesan yang diperoleh waktu berkunjung
i)        Dari kesan yang diperoleh, setiap kontingen dapat memilih kontingen yang dinilai Faforit, dengan mengisi formulir yang disediakan panitia dan ditandatangani Ketua Kontingen.
b.      Tukar Hasil Karya
1.      Tujuan
a)      Memperet persahabatan
b)      Mempromosikan kegiatan PMR
c)      Mempromosikan sekolah
2.   Peserta
Seluruh Kontingen peserta musisi
3.   Proses Pelaksanaan
a)      tiap kontingen membawa hasil karya PMR
b)      Pertukaran hasil karya dilaksanakan pada kegiatan Kunjungan Persahabatan


c.       Kontingen Faforit
1.      Tujuan
Salah satu sarana mengevaluasi antar kontingen dengan pendekatan hubungan persahabatan dan keramahtamahan.
2.      Peserta
Seluruh Kontingen peserta musisi PMR.
3.      Proses Pelaksanaan
a)      setiap hari pelaksanaan musisi akan disediakan formulir penilaian Kontingen Faforit.
b)      Setiap kontingen wajib mengisi formulir penilaian kontingen faforit dan memberikan penilaian mengenai kontingen mana yang paling cocok menjadi kontingen faforit pada hari tersebut.
c)      Kontingen yang memilih tidak boleh memilih kontingennya sendiri untuk dinominasi sebagai kontingen faforit.
d)     Penilaian kontingen faforit berdasarkan beberapa criteria, antara lain keramahtamahan, kerja sama, saling menghargai, dan sebagainya.
d.      Pertendaan
1.      Tujuan
a)      Meningkatkan ketrampilan dalam pertendaan
b)      Meningkatkan perananggota dalam mendirikan pertendaan
2.      Peserta
Seluruh kontingen
3.      Proses Pelaksanaan
a)      Menempati kavling yang telah ditentukan oleh panitia
b)      Peserta membawa pertendaan masing masing lengkap dengan atribut lainnya.
c)      Kontingen memperbaiki dan membersihkan pertendaan masing masing tiap hari
d)     Setiap hari akan diadakan penilaian tenda  / camp.

2.      AKSI
a.      Aksi Dalam Kemasyarakatan
1.      Tujuan
a)      Menanamkan jiwa solidaritas dan persahabatan
b)      Mempromosikan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat
2.      Peserta
      Tiap kontingen mengirimkan 1 regu yang terdiri dari 6 orang
3.      Proses Pelaksanaan
a)      Lokasi akan ditentukan oleh panitia
b)      Seluruh kontingen akan dibagi ke lokasi yang telah ditentukan
c)      Setiap kontingen membawa paket :
buku tulis, pensil, penggaris, penghapus, bolpen, buku gambar, pensil warna, dan buku cerita masing masing minimal 20 buah, yang telah dibungkus,
d)     Setiap kelompok akan didampingi oleh fasilitator
e)      Pada akhir kegiatan, rombongan menyerahkan pakel tersebut kepada perwakilan
b.      Traveling Kepalangmerahan
1)      Tujuan
Meningkatkan pemahaman dan penerapan kepalangmerahan di bidang Palang Merah Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Kesehatan Remaja, dan Donor darah
2)      Peserta
      Tiap kontingen mengirimkan 1 regu terdiri dari 10 anggota
3)      Proses pelaksanaan
a)      Peserta berkumpul ke tempat lokasi yang telah ditentukan
b)      Sesuai dengan nomor timnya bergerak menuju pos pos yang mencakup bidang Palang Merah, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Kesehatan Remaja, dan Donor Darah
c)      Untuk pos Pertolongan Pertama, jumlah pelaksana tiap regu adalah 6 orang, dan pos Perawatan Keluarga jumlah pelaksana adalah 2 orang.
d)     Batas waktu mengerjakan tugas tiap pos adalah 10 – 30 menit ( durasi waktu tiap pos berbeda beda )
a.       Pengetahuan yang harus dimiliki peserta sesuai kurikulum Materi Pelatihan PMR.
b.      Pos pos tersebut terdiri dari pos penilaian dan pembelajaran dengan metode partisipatif, sehingga tiap pos dipandu oleh fasilitator dan juri.
4)      Aspek yang dinilai ( pada pos penilaian )
a)      Kerja sama
b)      Ketetapan mengerjakan tugas / menjawab pertanyaan

3.  PRESTASI
a.      Pentas Seni
1)      Tujuan
Mempromosikan kesenian dan meningkatkan ketrampilan
2)      Peserta
Seluruh kontingen peserta musisi
3)      Proses Pelaksanaan
a)      Tiap kontingen diwajibkan menampilkan atraksi atau kesenian dipanggung terbuka musisi PMR
b)      Pemain atau yang terlibat tidak ditentukan berapa orang, sebaiknya disesuaikan dengan ukuran panggung yang tersedia.
c)      Acara Pentas Seni dilaksanakan tiap malam selama musisi PMR berlangsung dari pukul 19.00 – 22.00 WIB
d)     Urutan pentas seni diatur dan ditentukan oleh panitia
e)      Setiap kontingen mendapat kesempatan waktu pentas maksimal selama 15 menit.
f)       Tempat : panggung seni
b.      Paduan Suara
1)      Tujuan
a)        Meningkatkan penghayatan terhadap tugas tugas kepalang merahan
b)       Menumbuhkan rasa cinta terhadap Mars PMI
2)      Peserta
Tiap kontingen mengirimkan 1 regu
3)      Proses pelaksanaan
a)      Lagu wajib pilihan : Mars PMI dan lagu bebas pilihan adalah lagu kebangsaan nasional
b)      Pakaian bebas, tapi harus mengenakan atribut  PMR
c)      Perlengkapan (alat musik, kostum, dan sebagainya) dise-diakan sendiri oleh peserta.
4)      Aspek yang dinilai
a)      Ketepatan nada
b)      Penghayatan
c)      Penampilan`
c.       Olah Raga Persahabatan
1)      Tujuan
a)      Mempererat persahabatan
b)      Meningkatkan kerja sama tim
2)      Peserta
Seluruh kontingen peserta musisi
3)      Proses pelaksanaan
a)      Setiap kontingen diwajibkan mengirim wakilnya dan mengikuti semua jenis pertandingan persahabatan
b)      Kegiatan olah raga bersifat persahabatan
c)      Peralatan olah raga disediakan oleh panitia
d)     Wasit pertandingan persahabatan dari panitia pelaksana dibantu Pembina pendamping atau anggota PMI



BAB VI
ATRIBUT

  1. SERAGAM
Terdiri dari 2 macam seragam :
1.      Seragam Upacara
a.       Pakaian seragam kontingen ( dapat berupa seragam sekolah atau PMI, PMR ) yang diberi kelengkapan atribut
b.      Digunakan oleh peserta.
2.      Seragam lapangan
a.       Pakaian seragam kaos berlogo PMI/PMR

  1. TANDA PENGENAL
1.      Tanda pengenal personil Musisi :
a.       Peserta ( anggota PMR, Pembina Pendamping )
b.      Panitia
c.       Juri
d.      Fasilitator
e.       Tamu
f.       Petugas, misal :
Aparat perkemahan, petugas transportasi, petugas kebersihan, petugas keamanan, petugas kesehatan, penerima tamu, reporter, penyiar, dan sebagainya.LAMBANG
2.      Tanda pengenal kendaraan :
a.       Kendaraan angkutan peserta
b.      Kendaraan Panitia
c.       Kendaraan Pendukung Musisi
d.      Kendaraan Undangan
3.      Bentuk, ukuran, dan warna :
Bentuk, ukuran, dan warna tanda pengenal musisi ditentukan oleh Panitia
4.      Ketentuan pemakaian :
a.       Tanda pengenal diberikan oleh panitia ; seluruh kontingen wajib melaporkan semua anggota kontingennya ( Ketua, Pembina Pendamping, anggota PMR)
b.      Tanda pengenal wajib dipakai selama musisi berlangsung.
c.       Panitia/petugas berhak mempertanyakan kebsahan kehadiran di area musisi bila tidak mengenakan tanda pengenal
d.      Panitia/petugas berhak untuk mengeluarkan seseorang/ken-daraan dari area musisi bila tidak dapat membuktikan ke-ikutsertaannya



BAB VII
PERKEMAHAN MUSISI

A.    ADMINISTRASI PERKEMAHAN
1.      Sebagai akomodasi, setiap kontingen mendirikan tenda sesuai dengan kavling yang telah ditentukan Panitia.
2.      Untuk menempati kavling, setiap kontingen mendaftarkan diri di lokasi Perkemahan dan mendapat bukti surat Penempatan kavling ( SPK ) yang dikeluarkan oleh Panitia Perkemahan ( Camat Perkemahan )
3.      Kontingen yang akan meninggalkan acara perkemahan sehubungan dengan berakhirnya acara musisi PMR, bertanggungjawab atas kebersihan kavling yang ditempatinya dengan bukti surat rekomendasi untuk meninggalkan perkemahan dan rekomendasi tersebut untuk syarat mengambil Piagam musisi.
  
B.     PENGATURAN PERKEMAHAN
1.      Struktur Perkemahan :
Semua Peserta musisi PMR akan dipimpin dalam satu kesatuan struktur perkemahan tertinggi, yaitu Kecamatan. Warga Kecamatan akan diatur sesuai dengan jenjang pemerintahan dengan tidak meninggalkan tata tertib kehidupan 7 ( tujuh ) Prinsip Palang Merah, yaitu sbb :
    1. Perkemahan musisi PMR merupakan satu Desa yang digunakan Desa “ PASEDULURAN ”
    2. Desa dibagi dengan 3 ( tiga ) RW
1)      RW Pertama dengan nama RW J. HENRY DUNNANT
2)      RW Kedua dengan Nama RW MOHAMAD HATTA
3)      RW ketiga dengan nama RW M. JUSUF KALLA
    1. Tiap RW memiliki 2 ( dua ) RT :
    2. Setiap RT terdiri dari 4 – 5 Kavling
2.      Aparat Perkemahan
a.       Kecamatan dipimpin oleh Camat
b.      Desa dipimpin seorang Kepala Desa
c.       Rukun Warga ( RW ) dipimpin seorang Ketua RW
d.      Rukun Tetangga ( RT ) dipimpin seorang Ketua RT
Aparat perkemahan, sesuai jenjangnya bertanggungjawab kepada Seksi Kegiatan, manajemen Perkemahan, Air, Sanitasi, dan Listrik.
3.      Kehidupan sehari hari
a.       Tata Cara Perkemahan
1)      Seluruh tata cara perkemahan disesuaikan dengan acara kegiatan sehari hari dan hanya dapat diubah oleh panitia.
2)      Segala pemberitahuan dan pengumuman, baik untuk peserta maupun Panitia Pelaksanaan, harus melalui pusat informasi yang dikoordinasi oleh panitia yang membidangi.
3)      Segala kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi peserta dilayani dan disampaikan melalui jalur perkemahan.
b.      Kegiatan
1)      Kegiatan perkemahan dimulai pukul 04.30 s/d 22.30 wib yang dinyatakan dengan bunyi sirine.
2)      Sebelum pkl. 08.00 dan pkl. 17.00 wib setiap warga perkemahan wajib melaksanakan kegiatan rutin dengan sebagai berikut :
a)      04.30 – 05.15  Ibadah Sholat Subuh 
b)      05.15 – 06.00  Olahraga / Senam Pagi
c)      06.00 – 07.00  Keperluan Pribadi
d)     07.00 – 07.30  Apel Pagi
e)      17.00 – 17.30  Apel Sore
3)      Untuk mengikuti kegiatan, peserta wajib menyerahkan kartu kegiatan kepada petugas yang bersangkutan.
4)      Setiap peserta berhak memperoleh tanda mengikuti kegiatan berupa paraf petugas dan cap / stempel pada kartu kegiatan, setelah mengikuti salah satu kegiatan pada saat itu juga.
c.       Pelaksanaan dan Tanda Pengenal
1)      Selama kegiatan berlangsung peserta memakai pakaian seragam sesuai ketentuan yang berlaku di musisi
2)      Warga perkemahan yang keluar dari arena harus mengenakan pakaian rapi dan sopan dengan tanda pengenal yang diberikan oleh panitia

C.    FASILITAS ARENA MUSISI
1.            Keamanan
a.       Keamanan dalam perkemahan menjadi tanggungjawab warga perkemahan dan dibawah pimpinan aparat perkemahan
b.      Semua peserta wajib menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh arena perkemahan
c.       Peserta dilarang membuat kekacauan dan kegaduhan dalam semua acara kegiatan selama musisi PMR berlangsung
d.      Jam malam berlaku mulai 23.00 – 04.30 wib. Diharapkan peserta menjaga keamanan dan ketenangan.
2.            Kebersihan
a.       Kebersihan dalam perkemahan, MCK, maupun area musisi menjadi tanggungjawab setiap peserta secara keseluruhan.
b.      Air dan MCK telah tersedia di area perkemahan.
c.       Panitia akan melakukan penilaian terhadapkebersihan area perkemahan ( lokasi kavling, dan lokasi perkemahan )
3.            Sumber Penerangan
Lampu penerangan diperoleh dari lampu petromaks, atau genset, atau instalasi listrik yang dialirkan ke semua sektor penting.
4.            Kesehatan
a.       Setiap regu peserta wajib memiliki obat obatan untuk Pertolongan Pertama dan obat  pbatan khusus bagi anggotanya
b.      Peserta yang menderita sakit dan tidak dapat ditangani oleh regunya, wajib dilaporkan ke panitia medis musisi PMR dengan sepengetahuan Kepala Desa / Ketua RW / RT.
5.            Konsumsi
a.       Pelayanan konsumsi peserta (termasuk pendamping) dikelola oleh kontingen masing masing termasuk biaya dan peralatan.
b.      Panitia menyediakan Dapur Umum di arena perkemahan bagi panitia, juri, dan fasilitator.
6.            Tempat Ibadah
a.       Untuk beribadah, peserta dapat melakukannya di tempat yang telah tersedia atau tenda masing masing.
b.      Peserta wajib menjaga dan memelihara kebersihan dan ketertiban di tempat ibadah dan sekitarnya.
c.       Peserta wajib menghormati peserta lain yang sedang melakukan ibadah.
7.            Tamu
a.       Waktu berkunjung bagi tamu dilakukan pada pkl. 10.00 – 14.00 dan pkl. 17.30 – 19.00 wib, dengan membawa surat pengantar darin secretariat Panitia / Aparat Perkemahan dan menganakan tanda pengenal tamu yang dipinjamkan oleh panitia.
b.      Selain jam berkunjung tamu, peserta dilarang menerima tamu kecuali ada ijin khusus dari panitia / aparat Perkemahan.

8.            Panggung Hiburan
a.       Diadakan hiburan malam berupa pentas seni
b.      Pentas seni dilakukanoleh peserta musisi PMR tiap Kontingen
9.            Pasar
a.       bahan makanan dan kebutuhan sehari hari dapat dibeli di kedai / warung yang ada disekitar acara perkemahan
b.      Kebutuhan souvenir / cendera mata musisi PMR dapat di beli di Pameran mini.
c.       Jual beli / pemasaran barang barang dilarang dilakukan di arena perkemahan lain kecuali ditempat yang telah ditentukan.
10.        Pos dan Telekomunikasi
         Layanan Pos dan telekomunikasi akan ditentukan kemudian
11.        Alat Transportasi
a.       Transportasi kontingen menjadi tanggungjawab masing masing kontingen
b.      Transportasi untuk keperluan kegiatan musisi disediakan oleh panitia.

D.    HAL HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
1.      Seharusnya tidak dilakukan oleh peserta musisi PMR :
a.       Merusak kelestarian alam
b.      Merusak tanaman / pepohonan / gedung di perkemahan dan sekitarnya
2.      Sanksi sanksi
a.       Sanksi diberlakukan kepada peserta yang dengan sengaja atau tidak sengaja melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia .
b.      Sanksi hanya dijatuhkan oleh camat perkemahan melalui siding aparat perkemahan.
c.       Sanksi pelanggaran berbentuk :
1)      Peringatan lisan
2)      Pernyataan tertulis
3)      Tidak berhak menerima lencana / piagam
4)      Tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan selama musisi berlangsung.
5)      Dicabut haknya sebagai peserta musisi PMR.



BAB VIII
PENUTUP


Demikian Buku Pedoman ini disusun sebagai acuan persiapan dan pelaksanaan MUSISI IV PMR WIRA.


Ponorogo, 17 Maret 2012

Ketua Pelaksana



Endra Panji Anuri

Sekretaris



Siti fatimah

Koordinator Kemasyarakatan
STAIN Ponorogo



Mahfud Syaiful A.









Menyetujui
Pembantu Ketua III
STAIN Ponorogo



Drs.H.Moch.Saichu,MSI

Ketua KSR-PMI
Unit STAIN Ponorogo



Zamzam Mustofa








 
PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN


T E M U   A K S I    &    P R E S T A S I
SE EKS-KARESIDENAN MADIUN
I V

KSR PMI
UNIT STAIN PONOROGO
2012


A.   Teknis Lomba
LOMBA INTI :
1.LOMBA PERTOLONGAN PERTAMA.
1.       Bentuk Perlombaan
Berupa tes tertulis, dan simulasi penatalaksanaan pertolongan pertama dalam tim yang dihadapkan dalam studi kasus
2.       Peserta Lomba PP
Terdiri dari 6 orang, dengan komposisi bebas.
3.       Keterampilan dan pengetahuan peserta  :
1.      Perdarahan dan Syok
2.      Penilaian korban
3.      Cidera jaringan lunak
4.      Cidera jaringan otot rangka
5.      Luka bakar
6.      Pembalutan dan pembidaian
7.      Pemindahan penderita
8.      Kedaruratan medis
4.       Perlengkapan regu yang harus dibawa :
Ø  Pembalut segitiga (mitela)                         20 buah
Ø  Pembalut gulung ( 4cm x 4 m)                  6   buah         
Ø  Kasa steril (hidrofil)                                  1   pak
Ø  Plester                                                      1   rol
Ø  Kapas pembalut                                       1   bungkus
Ø  Gunting stainlees                                        1   buah
Ø  Pinset                                                       1   buah
Ø  Peniti                                                         1   lusin
Ø  Alkohol 70%                                            1   botol
Ø  Povidone Iodine                                          1   botol
Ø  Air mineral (600 ml)                                    1   botol
Ø  Senter/penlight                                           1   buah
Ø  Bidai                                                          1   set  (1 set)
Ø  Selimut                                                        1   buah
Ø  Sarung tangan lateks                                   5   pasang
Ø  Masker penolong                                        5   buah
Ø  Buku / catatan isi kotak atau tas PP             1 buah
Ø  Bulpoint                                                      3 buah
Ø  Kartu pelaporan (disediakan panitia)            2 lembar
Ø  Kantong plastik (tempat sampah)                 3 buah
Ø  Bendera PMI                                             1 buah
Ø  Tongkat 110 cm                                          1 buah
Ø  Tandu          
5.     Pos yang dilalui :
I.      Pos Karantina :
Ø  Cek alat
Ø  Tes tulis
II.    Pos Medis
III.  Pos Ambulance
IV.  Pos Rumah Sakit
                                     I.      POS KARANTINA
Ø Merupakan tempat untuk mengisolasi peserta, pemeriksaan peserta, kelengkapan regu dan tes tulis.
Ø Perintah untuk memasuki pos dilakukan oleh panitia.
Ø Setiap regu atau peserta tidak diperkenankan:
§  Meninggalkan area isolasi
§  Berhubungan dengan pihak luar / official dengan alasan apapun (kecuali dengan izin panitia)
§  Membawa alat / perlengkapan yang tidak ditentukan oleh panitia.
Ø Peserta akan dipanggil per 10 regu, atau lebih melihat kondisi atau jumlah peserta berdasarkan urutan nomor  regu.
Ø Setiap team akan dibagi ke dalam 2 kelompok, dengan ketentuan :
ü  3 orang untuk  tes tulis,
ü  3 orang untuk cek alat,
    Pelaku tes tulis,dan cek alat ditentukan sendiri oleh peserta.
Ø Pos Tes Tulis :
§  Pada pos ini setiap team diwakili oleh 3 orang   yang akan menjawab 50 soal Format soal Multiple Choice Question dan bersifat tertutup.
§  Waktu pelaksanaan maksimal 15 menit  dilaksanakan serentak per shift
§  Materi soal seputar pertolongan pertama.
Ø Pos Pemeriksaan Tas Obat / Tas PP
Pada pos ini akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan isi tas obat / tas PP yang dapat digunakan sebagai sarana lomba dan persyaratan lomba.
§  Pemeriksaan dilakukan oleh 3 anggota team, Apabila perlengkapan regu yang dibawa melebihi ketentuan maka akan disita oleh panitia, dan apabila kurang dari ketentuan akan mengurangi nilai.
§  Waktu maksimum 10 menit (7 menit untuk pemeriksaan alat, 3menit untuk menjawab 3 soal)
§  Waktu cek alat dimulai setelah peserta lapor kepada juri.
Ø Setelah selesai dari pos karantina, semua anggota berkumpul dan melakukan undian posisi penolong.

                                        II. POS MEDIS
Ø Peserta akan dipanggil oleh koordinator pos untuk memasuki pos medis.
Ø Ketua Tim / caraka melapor kepada koordinator pos.
Ø Pertolongan yang dilakukan adalah pertolongan pertama yang diperlukan sesuai kondisi korban.
Ø Komposisi penolong:
Komandan, Wakil komandan, Anggota A, Anggota B, anggota C Caraka, 1 orang korban.
Ø Komposisi penolong diundi di pos karantina.
Ø Penilaian bersifat terbuka.
Ø Juri aktif.
Ø Selama melakukan penanganan, peserta wajib mengkomunikasikan setiap tindakan kepada juri.
Ø Apabila dalam penanganan ada tindakan yang tidak disebutkan maka dianggap tidak melakukan tindakan tersebut.
Ø Mekanisme di POS MEDIS
1.    Peserta menyiapkan regu dan melapor kepada Juri.
2.    Waktu dimulai saat Timer memberi aba-aba “mulai”.
3.    Waktu dihentikan, saat tandu diangkat.
4.    Pos medis  selama 20 menit (15 menit pertolongan + 5  menit evaluasi).
Ø Mekanisme pertolongan tim pada korban:
1.    Memperkenalkan diri
2.    Minta izin
3.    Penilaian keadaan
4.    Penggunaan APD
5.    Penilaian dini
6.    Pemeriksaan Respon:
A.   Korban Respon
1.    Periksa leher dan tulang belakang
2.    Pemeriksaan Airway, Breathing, Circulation
3.    Penilaian terarah (hemoragi terlihat) – langsung ditangani.
4.    Pemeriksaan Fisik (Dimulai dari kepala, leher, batang tubuh, anggota gerak bawah, anggota gerak atas) + GSS
5.    Periksa tanda-tanda vital.
6.    K-O-M-P-A-K
B.   Korban Tidak Respon
1.    Periksa leher dan tulang belakang.
2.    Pemeriksaan Airway, Breathing, Circulation
3.    Jika nafas korban terasa dan nadi korban teraba, pertahankan posisi yang baik (posisi pemulihan).
4.    Jika  nafas korban tidak terasa, nafas bantuan awal 2x.
5.    Pemeriksaan Fisik+GSS  (sama dengan korban respon)
6.    Pemeriksaan tanda-tanda vital.
7.    K-O-M-P-A-K
7.    Meminta bantuan
8.    Pengisian kartu pelaporan
9.    Evakuasi
Ø Ketentuan Tambahan :
§  Apabila salah menentukan prioritas utama maka tidak mendapatkan poin yang berhubungan dengan kasus di pos selanjutnya.
§  Semua penanganan baik terhadap korban prioritas maupun non-prioritas berpengaruh terhadap total nilai.
1.              Komandan
2.              Wakil komandan
3.              Anggota A
4.              Anggota B
5.              Caraka

III.         POS AMBULANCE
Ø Penilaian meliputi mekanisme menaikkan korban ke ambulance dan menurunkan korban dari ambulance.
Ø Waktu maksimal naik dan turun ambulance adalah 10 menit (5 menit naik dan 5 menit turun).
Ø Waktu naik ambulance dimulai saat caraka lapor kepada sopir dan berakhir saat caraka menutup pintu depan.
Ø Waktu turun ambulance dimulai saat caraka membuka pintu belakang ambulance dan berakhir saat caraka lapor kembali kepada sopir.
Ø Ambulance dalam kondisi berhenti.
Ø Mekanisme naik ambulance:
1.         Caraka lapor kepada sopir kemudian mengambil tandu ambulance dibantu 1 orang penolong lain dan memeriksa keamanan tandu.
2.         Meletakkan tandu (korban) di atas tandu ambulance.
3.         Caraka masuk ambulance untuk menerima tandu sementara anggota yang lain masuk bergantian.
4.         Caraka keluar ambulance, mengambil bendera dan menutup pintu ambulance kemudian duduk disamping sopir.
Ø Mekanisme turun ambulance:
1.         Caraka membuka pintu ambulance, meletakan bendera kemudian membantu anggota lain menarik tandu (korban) keluar.
2.         Memindahkan tandu (korban) dari tandu ambulance.
3.         Caraka dan 1 orang penolong yang lain mengembalikan tandu ambulance.
IV.    POS RUMAH SAKIT
Ø Waktu maksimal 10 menit.
Ø Waktu dimulai saat caraka lapor kepada petugas rumah sakit
Ø Teknis
1.    Caraka melaporkan kepada petugas rumah sakit (juri), kemudian mengatur, memerikasa, dan membereskan tempat tidur.
2.    Tandu masuk RS dengan kepala korban terlebih dahulu.
3.    Meletakkan tandu sejajar dengan tempat tidur RS, penolong meletakkan korban di atas tempat tidur , sedangkan tandu dibawa keluar.
4.    Setelah korban diperiksa lagi, penolong menyerahkan kepada juri (petugas rumah sakit)
5.    Kartu pelaporan juga diserahkan kepada petugas rumah sakit (juri)
Ø Penilaian :
1.    Mekanisme evakuasi
2.    Kerjasama regu
3.    Teknik pemindahan korban (tertib dan aman)
4.    Tanya jawab prioritas pertolongan dan penanganan.

1.   Penilaian PP Keseluruhan
a.    Penilaian yang diberikan merupakan hasil yang dicapai dan dibuktikan dalam perlombaan.
b.    Kriteria pertolongan:
Kelengkapan peserta
·      Ketepatan dan ketrampilan dalam memberikan pertolongan.
·      Kerjasama Regu/kekompakan,
·      Kebersihan/Sterilisasi
·      Ketepatan waktu.
·      Kebenaran menjawab soal yang diberikan.
·      pelaporan korban,
·      kartu riwayat penderita
c.         Pengumpulan nilai:
·      Data nilai diserahkan pada petugas rekapitulasi.
·      Hasil  rekapitulasi nilai digunakan dalam menentukan juara.
·      Keputusan hasil juara dituangkan dalam suatu surat keputusan.
·      Seluruh hasil penilaian yang didapat menjadi hak milik panitia.
·      Pada setiap pos, setiap regu diberi tahu hasil penilaian dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan. Kecuali tes tulis.
d.        Komplain mengenai hasil penilaian dilakukan di area lomba dengan waktu maksimal 5 menit. Panitia tidak menerima complain tentang hasil penilaian setelah berita acara dan  forpen ditanda tangani.
e.         Sistem penjurian terbuka (peserta dapat melihat dan menandatangani blanko nilai).


2.   Penjurian
Juri  memiliki persyaratan khusus yang ditentukan oleh panitia pelaksanaan lomba.
3.   Ketentuan umum
Ø Kawasan pelaksanaan PP merupakan kawasan tertutup, pengambilan gambar hanya boleh dilakukan oleh panitia. Tidak boleh ada pelatih dan official yang ikut masuk
Ø Selain peserta, panitia dan juri, dilarang memasuki area pelaksanaan lombaPP
Ø Yang bertindak sebagai penolong maupun korban ditentukan sendiri oleh peserta. Namun posisi penolong ditentukan panitia  dan yang  dipilih  menjadi  korban  menjadi  bagian  peserta tes  tulis.
Ø Jika dalam batas waktu yang telah ditetukan pelaksanaan belum selesai, maka pelaksanaan akan dihentikan dan dinilai apa adanya. Khusus untuk pembuatan tandu bisa diselesaikan  atau diperbaiki seusai dinilai

2.   LOMBA PERAWATAN KELUARGA
1.    Jumlah peserta untuk masing-masing lomba :.
1 regu PK            : 3 orang ( putera saja/ puteri saja ).
2.    Materi
1.        Mencuci tangan.
2.        Memakai dan melepas celemek.
3.        Menata tempat tidur
3.    Teknis Perlombaan:
a.    Lomba diikuti oleh PMR tingkat Wira dimana  1 tim terdiri dari 3 orang (3pa/3 pi)
Tim adalah yang telah tertera dalam form pendaftaran. Tidak boleh ada pergantian anggota dalam tim yang telah terdaftar sebelumnya dan jumlahnya harus memenuhi kuota yang ditetapkan.
b.    Peserta harus memakai seragam (minimal ada identitas kepalangmerahan dan bercelana panjang) dan bersepatu.
c.     Peserta harus datang 10 menit sebelum lomba dimulai.
d.    Penilaian lomba bersifat terbuka.
e.    Tidak boleh ada pelatih dan official yang ikut masuk dalam ruangan karantina, tes tulis, dan tes praktik.
f.      Kurikulum yang dipakai sebagai pedoman yaitu Buku Pedoman Perawatan Keluarga Tahun 1997.
g.    Panitia tidak menyediakan konsumsi.
h.    Lomba terdiri dari 3 tahap:
                                               I.     Tes tulis
1)  Tes tulis dikerjakan oleh 1 tim (ketiga peserta)
2)  Jenis soal adalah Multiple Choice Question (MCQ)
3)  Jumlah soal: 50 soal
4)  Jawaban tidak boleh lebih dari satu.
5)  Hanya ada satu kali kesempatan untuk mengganti jawaban dengan cara dicoret menggunakan ballpoint (tidak diperkenankan memakai tipeX).
6)  Tidak diperkenankan membawa catatan kecil.
7)  Setelah tes tulis berakhir, seluruh tim dikarantina dalam ruangan yang sama dengan ruangan tes tulis.
8)  Waktu mengerjakan 25 menit.
                                            II.     Pos Karantina
1.    Dalam pos karantina, tim selanjutnya yang akan melaksanakan tes praktik harus mempersiapkan diri, apabila tim yang dipanggil selama 3x berturut-turut tidak memberikan jawaban maka dinyatakan diskualifikasi dalam lomba PK.
2.    Dalam pos karantina, peserta tidak diperkenankan berinteraksi dengan pelatih dan official. Jika melanggar, maka akan ditindak tegas oleh panitia.
                                         III.     Tes Praktik
1.    Tim hanya melewati 1 pos praktik.
2.    Dari 3 orang peserta dalam 1 tim akan dibentuk narator, peraga, dan pasien.
3.    Penentuan narator, peraga, dan pasien dilakukan dengan cara pengundian di depan juri ketika akan melakukan tes praktik.
4.    Soal dalam pos praktik berupa soal PK Trauma.
Yang dimaksud PK trauma adalah perasat PK dilakukan seperti biasanya, namun pasien dikondisikan mengalami kasus trauma. Peraga tidak bertindak sebagai penolong pertama. Peraga hanya berperan sebagai perawat yang merawat pasien dengan kasus trauma. Kasus trauma dalam hal ini bukan kasus trauma berat, tetapi kasus cedera jaringan lunak dan cedera sistem otot rangka.
5.    Jenis praktik berdasarkan soal yang diberikan oleh juri.
6.    Alokasi waktu 35 menit, dengan rincian 10 menit untuk persiapan dan 25 menit untuk praktek.
a.      Bel 1x menandakan peserta memasuki ruangan praktik, pengundian peraga dan pasien, dan pembacaan soal.
b.    Bel 2x menandakan tim memulai pelaksanaan praktik.
c.       Bel 2x menandakan berakhirnya pelaksanaan praktik dan berbenah peralatan.
d.    Bel 1x menandakan semua tim harus meninggalkan ruangan praktik.
i.      Ketentuan tambahan:
1.    Peserta dilarang membawa alat komunikasi.
2.    Diperkenankan membawa kamera, dengan syarat bahwa pengambilan foto dilakukan oleh panitia. (kamera diserahkan kepada panitia saat memasuki ruang lomba dan bisa diambil kembali setelah lomba berakhir).
3.    Peserta dilarang meninggalkan ruangan selama perlombaan (tes tulis, karantina, tes praktik). Setelah tes praktik, peserta langsung menuju Ground (tenda peserta).
3.   LOMBA PRS
1.                                                                                                                                                                      Bentuk Perlombaan
Mempresentasikan hasil makalah yang telah dibuat oleh masing-masing regu
2.                                                                                                                                                                      Peserta Lomba PRS
Terdiri dari 1 orang, untuk mempresentasikan makalah
3.                                                                                                                                                                      Materi:
TEMA                                  
1.    Tumbuh kembang remaja
2.    Perilaku beresiko
3.    Reproduksi (pacaran, senggama, aborsi, kehamilan dini)
4.                                                                                                                                                                      Teknis kegiatan lomba:
1.    Peserta terdiri dari 1 orang tiap masing-masing regu untuk mempresentasikan makalah
2.    Urutan Presentasi sesuai nomor undian yang telah di ambil masing-masing peserta
3.    Peserta lain yang tidak bertugas atau yang menunggu nomor urutan turut menyaksikan peserta yang presentasi.
4.    Durasi waktu untuk presentasi 20 menit (15 menit presentasi + 5 menit evaluasi)



4.   LOMBA CERDAS CERMAT
1.   Bentuk Perlombaan
Tes tulis, peserta menjawab semua soal yang telah disediakan panitia

2.   Peserta Lomba Cerdas Cermat
Peserta mendelegasikan satu tim, yang terdiri dari 3 orang (bebas putra-putri)
3.   Materi:
1.  mencangkup tentang teori Pertolongan Pertama
2.  mencangkup tentang teori Perawatan Keluarga
3.  mencangkup tentang teori Pendidikan Remaja Sebaya
4.   Macam babak dalam cerdas cermat:
a.    Babak pertama penyisihan
b.    Babak kedua babak penentuan
c.     Babak ketiga atau babak rebutan
5.   Teknis Kegiatan Lomba
a.    Peserta membawa alat tulis
b.    Pada babak penyisihan masing-masing tim mengerjakan 50 soal selama 30 menit, dan diambil 9 terbaik dari seluruh tim akan masuk ke babak selanjutnya.
c.     Dari 9 tim terbaik dibagi menjadi 3 sesi untuk mengambil 3 terbaik.
d.    Dari 3 terbaik akan diambil juara 1,2 dan 3
e.    Hasil langsung di umumkan sesuai dengan jumlah skor yang diperoleh dari ketiga babak tersebut.
6.   Aturan yang harus diperhatikan:
a.  Aturan babak pertama
- Apabila dalam babak penyisihan ditemukan dari salah satu tim mencontek atau bermain curang maka langsung didiskualifikasi sebagai sanksinya.
- Apabila pada babak penyisihan didapati lebih dari 9 terbaik maka akan diadakan tes lagi bagi yang terbaik itu sendiri.
- Hasil akan diumumkan oleh panitia secara langsung setelah 15 menit. Sementara itu, peserta mengevaluasi soal yang telah mereka kerjakan dengan kunci jawaban yang diberikan panitia.
- Skor penilaian didapatkan dengan cara: jumlah jawaban benar x 2 poin.
b.  Aturan babak kedua
- Penonton yang menghadiri atau menyaksikan tidak boleh membantu dalam bentuk apapun, apabila didapati soal tidak sah dan akan mengurangi skor dari timnya sendiri.
- Masing-masing regu akan mendapatkan soal dari panitia secara bergiliran. Apabila regu tersebut tidak bisa menjawab maka akan dilemparkan kepada regu lain dengan cara rebutan.
- Masing-masing regu mendapatkan 10 soal.
- Skor penilaian didapatkan dari jumlah:
·         Soal yang dijawab benar x 10 poin
·         Soal lemparan x 5 poin
c.  Aturan babak rebutan
- Pada babak ini, soal yang diberikan berjumlah 20.
- Peserta menjawab soal yang diberikan panitia secara rebutan dengan menekan tombol yang ada.
- Skor pada setiap soal berbeda-beda, dengan ketentuan sebagai berikut:
·         Soal 1-5 mendapatkan 5 poin
·         Soal 6-10 mendapatkan 10 poin
·         Soal 11-15 mendapatkan 15 poin
·         Soal 15-20 mendapatkan 20 poin
-  Apabila peserta menjawab salah, skor akan dikurangi 5 poin dan soal akan dilempar ke regu lain denngan cara rebutan.
            Lomba Pendukung:
Lomba pendukung terdiri dari :
a.   Lomba pendirian tenda
Ketentuan:
-       Tenda
-       Tongkat 3 buah
-       Tali temali 4 buah
-       Didirikan oleh seluruh peserta
Aspek penilaian:
-       Kekompakan peserta dalam mendirikan tenda
-       Kekokohan tenda
-       Kerapiaan tenda dalam hal tali menali ataupun lain sebagainya
-       Kecepatan dalam mendirikan tenda
Teknis Kegiatan Lomba:
-       Lomba dilaksanakan hari pertama
-       Mengikuti pengarahan dari panitia
-       Durasi waktu masing-masing tenda 10menit
b.   Lomba teknologi tepat guna
Ketentuan:
-       Bahan-bahan yang akan digunakan merupakan barang bekas (barang limbah)
-       Bahan-bahan semua dari peserta
-       Peserta terdiri dari 3 orang
-       Hasil karya dipresentasikan
Aspek penilaian
-       Nilai jual
-       Kesederhanaan bahan yang digunakan
-       Manfaat
-       Keunikannya
Teknis perlombaan:
-       Peserta menyiapkan semua bahan yang akan digunakan untuk lomba.
-       Durasi waktu 1jam, dilanjutkan dengan presentasi hasil karya.
-       Hasil karya terbaik langsung diumumkan.
c.    Lomba Paduan Suara (mars pmi)
Ketentuan:
-       Lagu wajib Mars PMI dan lagu bebas pilihan adalah lagu kebangsaan
-       Peserta terdiri dari 1 regu atau 10 orang
-       Pakaian bebas, tapi harus mengenakan atribut PMR
-       Perlengkapan (alat music, kostum, dan sebagainya) disediakan oleh peserta
Aspek penilaian:
-       Ketepan nada
-       Penghayatan
-       Penampilan
Teknis Lomba:
-       Peserta mengambil undian sebelum tampil.
-       Penampilan peserta sesuai nomor undian
-       Peserta menyanyikan mars pmi dilanjutkan salah satu lagu kebangsaan
-       Durasi waktu yang diberikan 10menit
d.   Lomba desain blog
Tema : Menulis kegiatan PMR disekolah masing-masing
Ketentuan:
-       Desain dibuat dari sekolah masing-masing
-       Peralatan laptop disediakan panitia
-       Modem dari peserta
Teknis Lomba:
-       Peserta mengambil undian sebelum membuka blog dan mempresentasikan kepada teman-teman
-       Penampilan peserta sesuai nomor undian
-       Durasi waktu yang diberikan 10 menit
-       Setelah semua peserta selesai, evaluasi yng difasilitatori juri

Lomba Khusus :
Lomba kontingen favorit
Lomba kontingen favorit terdiri dari:
1.    Lomba yel yel
2.    Lomba kebersihan tenda
3.    Kerahmahtaman lingkungan maupun  












 





                                                         
P E N G A N T A R

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo merupakan salah satu Unit kegiatan khusus mahasiswa yang bergerak dibidang kemanusiaan dan dibentuk atas dasar kesukarelaan pribadi mahasiswa yang bergerak di bidang kepalangmerahan yang selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengembangan dan peningkatan kwalitas sumber daya anggota mempunyai peran penting bagi kehidupan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit STAIN Ponorogo untuk mewujudkan cita-citanya dalam pengabdian terhadap tugas-tugas kemanusiaan.
Melalui latar belakang inilah, Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo ingin mengangkat potensi jiwa relawan dan rasa peduli terhadap sesama melalui sebuah “Kegiatan Temu Aksi dan Prestasi IV ( MUSISI IV )” PMR WIRA SE EKS-KARESIDENAN MADIUN dengan tema”Dengan semarak musisi kita tingkatkan persaudaraan dan ketrampilan PMR WIRA Se Eks-Karesidenan Madiun. Melalui tema tersebut kami ingin mempertemukan PMR WIRA Se Eks-Karesidenan Madiun sebagai sarana uji prestasi dalam pengembangan kepalangmerahan Indonesia.
Dengan Promosi yang optimal serta didukung oleh Palang Merah Indonesia Cabang Ponorogo kegiatan ini akan semakin mempererat persaudaraan dan kekeluargaan khususnya sesama anggota Palang Merah dan umumnya bagi masyarakat sekitar.
Temu aksi dan prestasi merupakan sarana uji prestasi dalam pengembangan kepalangmerahan Indonesia dan kegiatan ini adalah event kali ke empat yang di selenggarakan oleh Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo, kami berharap dukungan dari PEMKAB PONOROGO beserta jajaran Instansi terkait turut mendukung guna terselenggaranya Kegiatan Temu Aksi dan Prestasi IV ( MUSISI IV ) PMR WIRA SE EKS-KARESIDENAN MADIUN dengan tema ”Dengan semarak musisi kita tingkatkan persaudaraan dan ketrampilan PMR WIRA Se Eks-Karesidenan Madiun.

 N A  M  A    K E G I A T A N

“Kegiatan Temu Aksi dan Prestasi (MUSISI) IV” PMR WIRA SE EKS-KARESIDENAN MADIUN

T E M A     K E G I A T A N

Dengan semarak musisi kita tingkatkan persaudaraan dan ketrampilan PMR WIRA Se Eks-Karesidenan Madiun”

T U J U A N  K E G I A T A N

1.      Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt.
2.      Menanamkan rasa cinta dan memiliki organisasi kepalangmerahan.
3.      Sebagai sarana uji prestasi guna kemajuan organisasi kepalangmerahan.
4.      Mengambangkan dan meningkatkan pengetahuan kepalangmerahan.
5.      Memupuk, mempererat persaudaraan dan kekeluargaan khususnya sesama anggota Palang Merah dan umumnya bagi masyarakat sekitar.
6.      Meningkatkan pribadi mandiri.

L A N D A S A N  K E G I A T A N
1. AD/ART PMI dan KSR-PMI Unit STAIN Ponorogo
2. Pedoman Umum KSR-PMI Unit STAIN Ponorogo
3. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan KSR-PMI
4. Program Kerja KSR-PMI Unit STAIN Ponorogo Periode 2011-2012
5. Keputusan Rapat KSR-PMI Unit STAIN tanggal 10 Oktober 2011

S A S A R A N   K E G I A T A N

1.    Anggota PMR Wira Se Eks-Karesidenan Madiun
2.    Pembina PMR Se Eks-Karesidenan Madiun

P E L A K S A N A A N

      Hari                 : Jum’at-minggu
      Tanggal/bulan  : 18-20 Mei 2012
      Tempat            Lapangan KODIM Ponorogo




B E N T U K  K E G I A T A N
 Kompetisi  antar  pelajar
Memberi ruang apresiasi bakat dan minat PMR WIRA Se Eks-Karesidenan Madiun untuk menampilkan bakatnya serta belajar berkompetisi secara sehat. Kompetisi yang akan diadakan adalah:
1.      Kegiatan lomba
a.       Lomba PP
-          Karantina
-          Medis dan Evakuasi
-          Ambulance
-          Rumah Sakit Lapangan
b.      Lomba PK
-          Persiapan
-          Cuci Tangan, pakai Celemek
-          Mengganti Tempat Tidur
-          Kasus Lansia
c.       Lomba PRS
-          Presentasi
-          Tumbuh Kembang Remaja
-          Perilaku Beresiko
-          Reproduksi:
-          Pacaran
-          Senggama
-          Aborsi
-          Kehamilan Dini

2.      Kegiatan lomba pendukung
a.       Lomba desain blog
b.      Lomba paduan suara mars PMI
c.       Lomba teknologi tepat guna
d.      Lomba kerapian dan hiasan tenda
e.       Lomba pentas seni kebudayaan daerah
3.      Non lomba
a.       Olahraga
b.      Kunjungan Persahabatan
c.       Sarasehan, Out Bound


M O T
T
O  K E G I A T A N
“Bina Bakti Bangun Bangsa”

T e m u  a k s i  d a n  p r e s t a s i
Menghadirkan Anggota Palang Merah Remaja Wira Unit Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat, Se Eks-Karesidenan Madiun guna sarana uji prestasi dalam pengembangan kepalangmerahan Indonesia dengan harapan mereka menjadi generasi yang beriman dan mempunyai rasa peduli terhadap sesama.

J A D W A L  K E G I A T A N
            JADWAL KEGIATAN MUSISI IV TAHUN 2012
No.
Hari/ Tanggal
Waktu
Jenis Kegiatan
Ket.
  1
Jum’at , 18 Mei 2012
09.00-09.30
Cheking Peserta
Panitia
09.30-11.30
Pendirian Tenda
Peserta
11.30-13.30
Ishoma
Semua
13.30-14.30
Upacara Pembukaan
Peserta + panitia
14.30-16.30
Pengarahan Lomba
Panitia
16.30-19.30
Anjangsana,Ishoma
Peserta
19.30-22.00
Cerdas cermat + Lomba Blog
Peserta
22.00-04.00
Mimpi Indah
Semua
2
Sabtu, 19 Mei 2012
04.00-05.00
Sholat subuh Berjamaah
Semua
05.00-06.00
Segar Bugar
Peserta
06.00-07.00
Giat Pribadi
Semua
07.00-11.00
Pertolongan Pertama + PK + PRS
Peserta
11.00-13.30
Ishoma
Semua
13.30-16.30
Cerdas Cermat 2 +
Teknologi Tepat Guna
Peserta
16.30-19.30
Kunjungan persahabatan
Ishoma
Semua
19.30-22.00
Paduan Suara + Pentas Seni
Peserta
22.00-04.00
Ke Pulau Kapuk
Semua
3
Minggu, 20 Mei 2012
04.00-05.00
Sholat subuh Berjamaah
Semua
05.00-06.00
Segar Bugar
Peserta
06.00-07.00
Giat Pribadi
Semua
07.00-09.00
Bakti Masyarakat
Peserta
09.00-10.00
Gladi Bersih Penutupan
Semua
10.00-12.00
Upacara Penutupan+ Pengumuman Pemenang
Semua

P E S E R T A
Peserta kegiatan ini adalah Anggota Palang Merah Remaja Wira Unit Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat, Se Eks-Karesidenan Madiun sebagai berikut Mencakup :
1.      Kab. Ponorogo
2.      Kab. Madiun
3.      Kab. Pacitan
4.      Kab. Magetan
5.      Kab. Ngawi

S U S U N A N  P A N I T I A
SUSUNAN PANITIA
TEMU AKSI DAN PRESTASI PMR WIRA V
SE EKS-KARISEDENAN MADIUN

Pelindung                                : Ketua STAIN ponorogo
Pembina                                  : Pembantu Ketua III STAIN Ponorogo
Penasehat                                : Ketua PMI Cabang Ponorogo
Penanggung Jawab                 : Ketua Umum KSR PMI Unit STAIN Ponorogo


Starting Comite                       :

1.      Nur Arifin
2.      Andi Wirasaputra
3.      Maskur Dwi Pratiwi
4.      Suliana
5.      Siti Nurhaniffah
6.      Vera Novitasari
7.      Siti Aisyah
8.      Siti Khusnul
9.      M. Isnan
10.  Misri
11.  Ulfa Nikmatul H.
12.  Keni Suswiani
13.  Amirul Iksan
14.  Aham Kautsar
15.  Qoni’ Ridlwanah
16.  Devi Yuliastuti
17.  Nurul Susiana

Organizing Comite:                            
Ketua Pelaksana                      : Endra Panji Anuri
Sekretaris                                : 1. Siti Fatimah
  2. Anjar Indah Ayu P.
Bendahara                               : 1. Ernawati CH
2.      Ditha Octaviana






Seksi-seksi                               :
Seksi Kesekretariatan :
-          Noor Faizatul F.
-          Irma Wahyu A.
-          Anis Salasatun
-          Nilam Nur Khotimah
Seksi Kegiatan
-                    Dewi Febrianawati
-                    Sulistyoningsih
-                    Alifatul Ngazizah
-                    Siti Nur Wulandari
-                    Friendy
-                    Rizky Ekasari
-                    Norma Agustina
Seksi Konsumsi:
-          Aning Fuaddia Rifiani
-          Rifa’atul Mahmudah
-          Apri Sri Wahyuni
-          Faridatul M.
-          Ratnawati
-            Jainul Mustofa
-            Rucita Purnamasari


Seksi Dekdok:
-          Yasjudani
-           M. Furqon
-          Ulfatul Munawaroh
-          Binti Khotimatul Husna
-          Alif Fridayani
Seksi Perlengkapan
-            Ma’ruf Dwiyono
-             Dimas Ainun M.
-            Ahmad Safi’i
-            Sri Wahyu Dini
-            Kesmi Susirah
-            Edi Marsuki
-            Puput Amarta
-            Putri Kurniawati
-            Farid Ismawan
Seksi  Promosi :
-            Agus Sulistyono
-            Aminatun J.
-            Mustofa
-            Khoirul Mustofa
-            Riza Awaluddin
-            Ulum Erfiana
-            Imro’atus Sholicah
Seksi Humas:
-            M. Nashirudin
-            Yayuk Dwi Lestari
-            Nur Achmadi
-            Yasin Nur S.
-            Bustanul Zainal A.
-            Amir Mu’minin

E S T I M A S I   D A N A
ESTIMASI DANA
MUSISI SE EKS-KARISEDENAN MADIUN

A.  PEMASUKAN                                                    
DPP KAMPUS                                                     : Rp. 4. 000.000,-

B.  PENGELUARAN
       I.            KESEKRETARIATAN
1.      Lem                                                                 : Rp.       2.000-,
2.      Isi staples 2 X @2000-,                                  : Rp.       4.000-,
3.      Spidol besar 15 X @5000-,                            : Rp.    750.000-,
4.      Bolpoint 15 X @2000-,                                  : Rp.      30.000-,
5.      Piagam peserta 600 X @2000-,                      : Rp. 1.200.000-,
6.      Piagam pendamping  60 X @2000-,               : Rp     120.000-,
7.      Piagam panitia 70 X @2000-,                         : Rp.    140.000-,
8.      Stiker peserta 600 X @1000-,                                    : Rp.    600.000-,                    
9.      Kartu peserta 600 X @3000-,                         : Rp   1.800.000-,
10.  Kartu panitia 70 X @3000-,                           : Rp.    210.000-,
11.  Buku folio 2 X @5000-,                                 : Rp.     10.000-,
12.  Kwitansi 2 buah X @5000-,                           : Rp      10.000-,
13.  Prangko                                                           : Rp.      50.000-,
14.  Transpor dewan juri 15 X @100.000-,           : Rp.  1.500.000-,
15.  Kaos panitia 70 X @25.000-,                         : Rp.  1.750.000-,
16.  Kaos dewan juri 15 X @25.000-,                   : Rp.    375.000-,
17.  Tropy 10 Set X @100.000-,                           : Rp.  1.000.000-,
18.  Vandel 60 X @25.000-,                                 : Rp.  1.500.000-,
19.  Surat menyurat                                                : Rp.     500.000-, +
JUMLAH                                                       : Rp.11.551.000-,

    II.            PERKAP DEKDOK
1.      Baterai kamera 4 X @5000-,                          : Rp.       20.000-,
2.      Bener dalam 3x5m X @25.000-,                    : Rp.      375.000-,
3.      Bener Luar 1x3m X @25.000-,                      : Rp.        75.000-,
4.      Transportasi                                                     : Rp.      250.000-,
5.      Sewa peralatan lomba                                    : Rp.      500.000-,
6.      Kebersihan                                                      : Rp.      100.000-,
7.      Sound sistem                                                   : Rp.      800.000-, +
JUMLAH                                                       : Rp. 2.120.000-,
 III.            KONSUMSI
1.      Makan panitia 70 X @5.000-,                                    : Rp.    350.000-,
2.      Technical Meeting  30 X @3.000-,                 : Rp.    900.000-,
3.      Konsumsi Pra dan Pasca 20 X @5.000-,        : Rp.    100.000-,
4.      Makan peserta 600 X @5.000-,                      : Rp. 3.000.000-,
5.      Makan dewan juri 15 X @5.000-,                  : Rp.     75.000-,
6.      Makan pendamping 60 X @5.000-,               : Rp.    300.000-,
7.      Snack pembukaan 645 X @2.000-,                : Rp. 1.290.000-,
8.      Snack undangan 20 X @5.000-,                     : Rp.    100.000-,
9.      Snack dewan juri 15 X @2.000-,                   : Rp.      30.000-,
10.  Aqua gelas 30 X @13.500-,                           : Rp.    405.000-,
11.  Teh botol sosro 25 X @2.500-,                       : Rp.      62.500-, +
JUMLAH                                                       : Rp. 6.612.500-,

 IV.            HUMAS  DAN PROMOSI
1.      Transport                                                         : Rp.     500.000-,
2.      Sewa Handy Cam                                           : Rp.     200.000-,
3.      Cetak Foto 25 X 20.000-,                               : Rp.     500.000-, +
JUMLAH                                                       : Rp. 1.200.000-,


KEBUTUHAN DANA KESELURUHAN
1.      Kesekretariatan                                               Rp. 11.551.000-,
2.      Perkap Dekdok                                               :  Rp.   2.120.000-,
3.      Konsumsi                                                        :  Rp.   6.612.500-,
4.      Humas  & Promosi                                          :  Rp.   1.200.000-, +
JUMLAH                                                       :  Rp.21.483.500-,

TOTAL PENGELUARAN                                     : Rp.21.483.500,-
TOTAL PEMASUKAN                                           : Rp.   4.000.000,-  -
KEKURANGAN DANA                                         : Rp.17.483.500,-

Bantuan dari sponsor diharapkan untuk memenuhi kekurangan dana di atas.



K E G I A T A N  P R O M O S I   D A N   P U B L I K A S I
           
Dalam rangka menyelenggarakan TEMU AKSI & PRESTASI (MUSISI) PMR WIRA Se-eks karesidenan Madiun KSR-PMI Unit STAIN Ponorogo, kami selaku panitia menawarkan kerjasama dengan instansi atau perusahaan sebagai media promosi yang di sajikan untuk mendapatkan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak.

Bentuk-bentuk promosi/publikasi yang akan dilaksanakan antara lain:

1.      Spanduk                      : 1 buah
2.      Baliho                          : 1 buah
3.      Media Radio               : 16  Radio
4.      Backdrop Panggung   : 1 buah

PROMOSI DAN PUBLIKASI
A.    SPANDUK
Ukuran                        : 0.6 X 2 M
            Bahan              : Kain Tetron
            Jumlah             : 1 Buah
            Cetak               : Sablon full colour
            Lama pasang   : 7 hari
      Distribusi         : Papan dipasang di titik strategis kampus
      Logo bersama  : 0,3 x 0,3 m
      Harga              : Rp. 1000.000,- / logo

B.     BALIHO
            Ukuran                        : 1,5 X 2 M
            Bahan              : Flexi print outdoor
            Jumlah             : 1 buah
            Lama pasang   : 14 hari
      Distribusi         : Papan dipasang dikampus
      Logo bersama  : 30 x 30 cm
      Harga              : Rp.1.250.000,- / logo
      Logo utama     : 40 x 40 cm
      Harga              : Rp. 1.750.000,- / logo

C.    BACKDROP PANGGUNG
Ukuran                        : 2  x 3 M
      Cetak               : Flexy print outdoor
            Jumlah             : 1 buah
            Waktu             : Sepanjang acara
      Logo bersama  : 4 x 6 cm
      Harga              : Rp. 500.000,- / logo
      Logo utama     : 7,5 x 15cm   
Harga              : Rp. 1.250.000,- / logo

D.    MEDIA ELEKTRONIK
            Jumlah             : 12 - 15 radio
      Bentuk                        : quiz, Talkshow, spot.
            Waktu             : H – 7 dan sepanjang event

E.     KAOS PANITIA
Jumlah                         : 70  Buah
Bentuk                                    : Panjang
Tampak Depan            : Nama Kegiatan
Tampak Belakang       : Tempat sponsorship




CONTACT PERSON :
ENDRA PANJI ANURI      :  085335056396
AGUS ZULISTYONO         :  087758721833
ZAMZAM MUSTOFA        : 087758211786
KURNIA                              :  08973457405



 P E N U T U P
Demikian proposal ini kami buat untuk memberi gambaran mengenai Kegiatan Temu Aksi dan Prestasi IV ( MUSISI IV ) PMR WIRA SE EKS-KARESIDENAN MADIUN yang akan kami laksanakan. Besar harapan kami, semua pihak berkenan untuk ikut berkerja sama dengan kami agar para relawan semakin mengembangkan ilmu kepalangmerahan Indonesia. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Ketua Pelaksana





Endra Panji Anuri

Pengurus PMI
Unit STAIN Ponorogo




Zamzam Mustofa
Mengetahui
Pembina

Drs.H. Moch.Saichu,M.Si
Kabid Kemasyarakatan

Mahfud SyaifuAnsori


Ketua STAIN PONOROGO
Dr.Hj.Siti Maryam YusufM.Ag

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar